Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan Melalui Digital Marketing

Article
1

New normal merupakan kondisi dimana perilaku masyarakat atau konsumen mengalami perubahan. Untuk menghadapinya, para pebisnis perlu mencari cara untuk dapat bertahan dan beradaptasi dengan cepat dalam menanggapi kebutuhan yang terus berkembang dan berubah. Pada webinar Innovation in the Digital Marketing menghadirkan Sultan Isnainsyah selaku Vice President of Business Development and Technology Innovation (Interim) Indosat Ooredoo. Beliau berpengalaman selama 9 tahun dalam menangani klien & media dari berbagai industri. Pengalamannya dimulai dari menangani social media marketing pada tahun 2009-2010 di IDS (International Design School). Pada 2014, Ia bergabung di ZALORA Indonesia dan menjadikan social media menjadi revenue generator. Sejak tahun 2017,  Indosat Ooredoo mempercayakan kepadanya peran Manajer CRM Digital. di mana ia mengubah secara konvensional proses layanan pelanggan ke pusat kontak digital yang ramah sentuhan poin. Kini, ia memimpin Inovasi Customer Experience di Indosat Ooredo sebagai Vice President of Business Development and Technology Innovation (Interim) dan berhasil menghantarkan Indosat dalam meraih The Best Digital Service Award dari Majalah SWA (2019) serta Frost & Sullivan Customer Excellence Award  (2020).

Webinar Innovation in the Digital Marketing dimoderatori oleh Rifan Sevila selaku Business Development Group Head di perusahaan platform influencer marketing, Allstars Indonesia. Sebelumnya, Rifan memiliki pengalaman dalam bidang public relations dan business innovation. Beliau juga tergabung di dalam komunitas yang berfokus pada teman disabilitas yaitu, Pandulisane.

Webinar ini berlangsung dari pukul 10.00 sampai pukul 11.15 telah diikuti oleh 55 peserta dari kalangan profesional, NGO, akademisi, penggiat UKM, startup dan juga umum dari berbagai kota di Indonesia. Dalam webinar ini dijelaskan bagaimana bagaimana melihat atau mengambil peluang untuk berinovasi melalui digital marketing. Salah satunya dengan melihat perilaku pelanggan (customer behavior). Baik dalam era new normal atau tidak, perilaku pelanggan pasti berubah. Saat ini pelanggan sudah bisa memilih dan menyeleksi apa yang ingin dicari dan didapat dari digital, bahkan memiliki ekspektasi bahwa suatu perusahaan sudah bisa mengerti keinginan pelanggan-nya. Pada sesi presentasinya, Bapak Sultan Isnainsyah menjelaskan cara untuk membangun koneksi dengan pelanggan, yaitu: 

Confidence: Perusahaan harus percaya dan yakin dengan kekuatan atau value-nya. Dari situ dapat dibangun reputasi yang baik, yaitu dengan memperlihatkan value perusahaan kepada pelanggan melalui produk atau layanan yang disediakan. Sehingga pelanggan mengetahui value apa yang akan didapat, jika membeli produk atau layanan tersebut.

Connection: Walaupun zaman sudah digital, perusahaan tetap bisa membangun koneksi dengan pelanggannya. Caranya adalah dengan memainkan emosi dan menggunakan cerita yang lebih humanis agar pelanggan merasa dekat dan diperhatikan oleh perusahaan. 

Convenience: Membangun kenyamanan bagi pelanggan berdasarkan human behavior. Caranya dengan memahami customer journey saat berinteraksi dengan perusahaan atau produknya.

Dengan new normal ini memang ada perubahan, yang paling berubah adalah semuanya semakin digital. Di akhir sesi presentasinya, Bapak Sultan Isnainsyah mengemukakan hal penting untuk digital marketing yaitu memahami masa depan, untuk dapat memahami masa depan, maka harus memahami perilaku pelanggan dan masyarakat. 

Dalam kesempatan ini ada banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh peserta melalui fitur Q&A pada aplikasi Zoom yang dipakai sebagai platform webinar ini. Salah satu pertanyaan menarik adalah dalam berinovasi dan bersaing di digital marketing, value apa yang lebih penting apakah inovasi, improvisasi atau inspirasi. Menurut Bapak Sultan Isnainsyah ketiganya penting, tidak terbatas value apa yang harus diprioritaskan. Justru yang harus diperhatikan adalah hal yang sifatnya lebih berkesinambungan. Dimana, untuk melakukan inovasi tentu butuh inspirasi dan agar inovasi bisa berbeda dari yang lain maka dibutuhkan improvisasi.

Sesi kemudian ditutup dengan penyampaian informasi dari Innovesia tentang program Innovesia Webinar Series II selanjutnya yang akan diadakan pada tanggal 11 Juli 2020 dengan topik The New Normal Public Relation yang akan dibawakan oleh Ria Ariyanie, Co-Founder & CEO Talk Link.

Kondisi “New Normal” saat ini menuntut semua pihak untuk cepat beradaptasi.  “Social & Physical Distancing”, membuat sebagian besar aspek kegiatan masyarakat menjadi terbatas dan banyak yang dipaksa beralih ke teknologi digital, diantaranya kerja, sekolah, dan belanja dari rumah yang semuanya dilakukan secara online. Dunia usaha terpaksa bertahan dengan cara perampingan pegawai sampai usaha jemput bola menjual layanan untuk masa datang adalah cermin perubahan perilaku individu maupun pelaku usaha.

Untuk membantu menangkap peluang perubahan perilaku tersebut menjadi sebuah inovasi, Innovesia hadir mulai dari menggali dan berbagi Inspirasi, menelurkan ide-ide inovatif dengan belajar dari lintas industri sampai dengan Implementasi “post-covid recovery” saat dunia usaha mulai bangkit kembali. Semua ini diulas dalam rangkain  Innovesia Webinar series 2. “Kami akan terus berusaha memberikan konten inovatif dan kegiatan yang bermanfaat bagi individu maupun institusi.” Ujar Co-Founder & Partner Innovesia Yurry Razy.  

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article
7 Must-Have Mindsets for Innovator: Design Thinking Mindsets

In an uncertain situation like today, we need to adapt to the situation. In adapting, continuous innovation is needed. Design thinking is well known as a magic process for innovation. This method is arguably the most attractive way to describe a model for innovation based on human-centered observation and prototyping. …

Article
Boosting Sales with Value Proposition

Competition in business is getting tighter. The products and services offered by companies are becoming more similar. Customers have more choices in products to use. Companies must convince their customers to use their products or services through unique features and benefits. The right value proposition can help customers’ decision-making when …

Article
Celebrating Creativity Month with a New Perspective

Happy new year! We at Innovesia would like to extend our wishes for the new year to our partners and clients. With 2020 in our rearview mirror, it is important to get the gear running with a fresh mindset towards innovation. January does not only mark the beginning of a …


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/designth/public_html/wp-includes/functions.php on line 4221