Tips Merencanakan Negosiasi Secara Virtual

Article

Selama beberapa bulan terakhir, hampir semua negosiasi telah terjadi secara virtual. Bahkan sebelum Covid-19,  jumlah pembuat kesepakatan atau keputusan melalui media digital telah terjadi peningkatan. Teknologi video, telekonferensi berbiaya rendah, dan email semuanya telah menjadi cara yang efisien bagi tim untuk bersiap bersama dan bernegosiasi dengan mitra. Untuk memaksimalkannya, berikut adalah tips merencanakan / memimpin negosiasi secara virtual:

  1. Tetapkan peran yang jelas kepada tim Anda. Sepeti siapa yang akan membuka rapat, menjelaskan proposal, menjawab pertanyaan, mencatat ringkasan, dan perlu diketahui bagaimana caranya untuk tetap dapat berkomunikasi satu sama lain saat bernegosiasi secara virtual.
  2. Buat spesifik, berlatih dengan metode offline untuk berkomunikasi.  Anda dapat menggunakan alat komunikasi atau program yang berbeda untuk berkomunikasi dengan tim Anda. Jika Anda menggunakan komputer untuk Zoom, gunakan ponsel Anda dan aplikasi terpisah untuk berkomunikasi atau mengirim pesan teks dengan rekan satu tim.
  3. Berkomunikasilah secara singkat. Ketika berkomunikasi dengan rekan tim selama negosiasi, buat secara singkat agar dapat mempertahankan kualitas negosiasi yang baik dan maksimal.
  4. Nyalakan video Anda, layar yang semakin besar akan lebih mendukung negosiasi Anda. Charles Naquin dan koleganya menemukan bahwa negosiator yang berkomunikasi melalui video berkinerja lebih baik daripada negosiator yang menggunakan email atau SMS. Dan mereka yang menggunakan layar komputer besar berperforma lebih baik daripada mereka yang menggunakan layar komputer kecil. Semakin mudah melihat rekan-rekan Anda, semakin sedikit usaha otak Anda akan sia-sia.
  5. Singkat dan rapi. Video dan telekonferensi yang singkat dan terstruktur dapat membantu kedua belah pihak tetap terlibat secara maksimal.

Walaupun tidak dapat menggantikan peran negosiasi secara tatap muka. Tetapi dengan keadaan yang penuh tekanan untuk menerapkan social distancing, tentu alat komunikasi digital berguna untuk membuat negosiasi lebih efisien.

Sumber: Harvard Business Review

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article
Celebrating Creativity Month with a New Perspective

Happy new year! We at Innovesia would like to extend our wishes for the new year to our partners and clients. With 2020 in our rearview mirror, it is important to get the gear running with a fresh mindset towards innovation. January does not only mark the beginning of a …

Article
Mendalami Kebiasaan Pelanggan Ketika Bisnis Berinovasi

Innovesia Webinar Series merupakan program terbaru Innovesia yang memiliki tujuan memberikan ruang bagi masyarakat untuk belajar berinovasi melalui rangkaian webinar yang menghadirkan topik dan tokoh-tokoh yang ahli dibidangnya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka mengenai cara atau inisiatif inovasi apa yang dilakukan di industri atau sektor mereka bekerja. Rangkaian Innovesia …

Article
Cara untuk Tetap Kreatif dan Adaptif di Situasi yang Terbatas

Saat ini kita tengah dihadapi oleh tantangan global yang memberikan dampak besar kepada bisnis kita secara positif atau negatif. Peran seorang praktisi PR menjadi sangat krusial untuk mengkomunikasikan strategi bisnis dalam era New Normal untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis atau organisasi kita. Pada sesi ini Anda akan belajar bagaimana …


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/designth/public_html/wp-includes/functions.php on line 4221